Saham Eropa terangkat oleh harapan ECB, data AS

Financeroll.co.id — Bursa saham Eropa akhiri sesi Jumat dengan kenaikan, didorong oleh harapan para pejabat Eropa akan mengambil langkah untuk menurunkan biaya pinjaman Spanyol dan Italia setelah Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis François Hollande bersumpah untuk melindungi zona euro. Ekuitas juga ditopang sebagai data menunjukkan ekonomi AS melambat di bawah ekspektasi pada kuartal kedua.
Menghapus penurunan di sesi pagi, indeks Stoxx Europe 600 naik 1,3% ditutup di level 259,81, da mengakhiri pekan ini dengan kenaikan 0,6%. Pada hari Kamis, indeks melonjak 2,5% setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi berjanji “untuk melakukan apa pun untuk mempertahankan euro.”
Pada hari Jumat, harian Perancis Le Monde, mengutip sumber tanpa nama, mengatakan para pemimpin ECB dan Eropa sedang mempersiapkan aksi bersama untuk menurunkan biaya pinjaman Spanyol dan Italia. Berdasarkan program tersebut, dana penyelamatan akan digunakan untuk membeli obligasi pemerintah di pasar primer, sedangkan ECB akan melanjutkan pembelian obligasi di pasar sekunder.
Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis François Hollande mengeluarkan pernyataan bersama hari Jumat yang mengatakan mereka bertekad untuk melakukan “segala kemungkinan untuk melindungi zona euro.”
Data AS juga menarik perhatian pasar, setelah produk domestik bruto kuartal kedua mencatat tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 1,5%, mengalahkan ekspektasi kenaikan analis sebesar 1,3%. Dalam tiga bulan pertama tahun ini, ekonomi tumbuh sebesar 2%.
Indeks FTSE MIB Italia naik 2,9% ditutup di level 13.596,88, dengan saham UniCredit SpA melonjak 6%. Pada pekan, indeks acuan Italia tersebut naik 4,1%.
Indeks IBEX 35 Spanyol ditutup naik 3,9% di level 6,617.60, dan mencatat kenaikan 5,9% pada pekan ini, didorong oleh saham Banco Santander SA yang naik 6%.
Di Paris, saham Total SA naik 3,4%. Perusahaan kelompok minyak tersebut mengatakan masih yakin tentang paruh kedua 2012 dan melaporkan kenaikan 2% laba kuartal kedua. Indeks CAC 40 naik 2,3% ditutup di level 3.280,19, dan akhiri pekan dengan kenaikan 2,7%.
Indeks FTSE 100 akhiri sesi akhir pekan ini dengan kenaikan 1% ditutup di level 5,627.21, namun harus menyudahi pekan ini dengan penurunan 0,4%. Saham Miner Anglo American PLC membebani indeks, turun 3,6%, setelah membukukan penurunan pendapatan pada semester pertama tahun ini, terseret oleh penurunan prospek ekonomi global.
Di Jerman, indeks DAX 30 naik 1,6% ditutup di level 6.689,40, dan mencatat kenaikan 0,9% pada pekan ini. Deutsche Bank AG naik 3,1% dan Commerzbank AG naik 1,8%.

=======================================================================================
Get Adobe Flash player
Dapatkan panduan belajar forex gratis secara online - Find us on Facebook
=======================================================================================